Jumat, 21 Desember 2012

motivasi part 2

 MEMBANGUN KEWIBAWAAN DAN KESUKSESAN

Berikut ini adalah tips dari sebuah buku yang saya baca, saya tahu saya bukan lah org yang pandai mengutip setiap kata-kata atau pun meringkas sebuah tulisan tapi saya akan coba tuliskan resumenya setelah saya membaca buku ini.

Cara membangun sebuah kewibawaan dan kesuksesan tidak lah mudah tenyata karena harus melalui beberapa tahap perubahan dalam diri kita dan saya tahu itu tidak ada dalam diri saya. karena jujur saya juga baru membeli buku ini membacanya dan menurut saya ini masuk akal so saya akan coba mempraktekan dalam kehidupan saya. jadi buat teman-teman semua yang mau merubah cara hidupnya boleh melanjutkan dengan cara membaca bagian demi bagian semoga bermanfaat bagi kita semua.


Tahap Pertama

Ubahlah pola pikir anda..!!

Untuk membangun kewibawaan dan kharisma terlebih dahulu kita harus merubah pola pikir kita, mulai sekarang biasakan agar selalu berpikiran positif. Hilangkan pikiran bahwa kewibawaan dan kharisma adalah milik mereka golongan atas atau orang-orang kaya. Salah besar kita harus buang jauh-jauh pikiran itu, jujur saya juga tidak berasal dari keluarga kaya tapi selama hidup saya banyak membaca buku-buku yang merubah pikiran saya sehingga menjadi positif dan hal ini bisa menimbulkan energi positif dan percaya diri dalam diri saya sehingga saya memiliki kewibawaan dan juga kharisma yang baik.

Ingatlah kalau anda menganggap diri anda tidak penting atau orang rendahan atau tidak memiliki kepercayaan diri ya selamanya anda akan menjadi seperti itu, kenapa karena pikiran lah awal dari segala sesuatu yang menciptakan diri anda. karena pikiran anda tentang diri anda akan menjadi cerminan sikap orang lain terhadap diri anda sendiri. kini segeralah bersikap positif layaknya seperti seorang pemimpin yang memiliki wibawa dan kekuasaan tapi ingat jangan juga berlebihan karena kalo sok berlebihan gayanya itu malah membuat anda tidak disenangi dengan orang lain. So seperti apa adanya tapi memiliki sikap yang baik dan positif.

Sekarang kita akan mencoba merubah energi negatif yang ada dalam diri kita menjadi positif dengan cara mengubah pola pikir kita (mind set) agar anda menjadi lebih optimis dengan melakukan Mind Power.

Persiapan Praktek Mind Power

  1. Carilah tempat yang tenang, bebas dari ganguan apapun, suara tivi, telpon, suara radio, kendaraan atau apapun tapi ingat jangan dilakukan dikuburan ok kalo dikuburan si cari setan hehehe. becanda, pokoknya tempat yg tenang,
  2. Setelah ruangan menjadi tenang cobalah rilek dengan duduk ataupun tiduran kemudian cobalah putar lagu instrumental yang slow dan cobalah konsentrasi dengan cara menarik nafas dan membuang nafas perhatikan nafas yang keluar masuk dihidung kita, kalo perlu setiap nafas masuk kita sadari dan nafas keluar kita juga sadari dan rasakan. sampai kita benar-benar bisa konsentrasi dengan nafas ini. hal ini dilakukan untuk menghilangkan stress dan kelelahan setelah kita beraktivitas seharian.
Lakukan peregangan otot untuk merilexan tubuh anda dan berolah raga, karena selain merilexan pikiran dan hati tubuh juga harus kita jaga dengan cara peregangan dan berolah raga agar tidak kaku dan tegang.


Tahap Kedua

Bangun Kredibilitas Anda...!!

Kredibilitas menurut sumber adalah keterpercayaan orang-orang disekitar anda terhadap diri anda, karena dengan kredibilitas yang tinggi anda akan cepat memperoleh peningkatan karir, bisnis anda akan berkembang cepat, anda akan diterima oleh orang lain dengan cepat dan tangan terbuka, setiap perkataan anda akan di terima dan di ikuti oleh orang lain.
Cara membangun kredibilitas adalah dengan melakukan hal-hal seperti berikut ini :
  1. Memiliki Kejujuran dan ketulusan
  2. Pegang kata-kata anda (segala kata-kata yang anda keluarkan jangan anda ingkari)
  3. Bersikaplah Ksatria (maksudnya kalo anda melakukan kesalahan bersikaplah berani mengakui dan meminta maaf)
  4. Milikilah keahlian dan kecakapan (memiliki keterampilan dan pendidikan yang baik, minimal anda memiliki wawasan dengan cara membaca buku-buku dan mempelajari keterampilan dan kembangkan hobby yang anda miliki, usaha yang baik atau pekerjaan yang menyenangkan adalah pekerjaan yang sesuai dengan minat dan hobby anda)
  5. Jangan gadaikan prinsip anda.

Tahap Ketiga

Kembangkan Sentuhan Manusiawi Anda

Pada dasarnya manusia lebih tertarik pada dirinya sendiri daripada orang lain, Inilah yang harus Anda pahami sebelum menarik perhatian dari manusia lainnya. Karena kewibawaan anda terpancar saat anda mampu memberikan sentuhan yang manusiawi kepada orang-orang disekitar anda.
  • Buatlah setiap orang merasa penting, satu hal yang perlu kita ingat semua orang membutuhkan perasaan dianggap penting, dihargai dan dihormati. Untuk itu kita harus berusaha memenuhi egonya orang lain. inilah tehnik hebat yang bisa membuat orang lain merasa dirinya penting :
  1. Jadilah Pendengar yang baik, jangan memonopoli pembicaraan jadilah pendengar yang baik, semakin anda terampil menjadi pendengar yang baik maka semakin anda disukai dan dihargai oleh orang lain. Jangan remehkan tehknik ini jika anda tidak ingin kehilangan kesempatan untuk mendapatkan dukungan dari orang lain, tehknik menjadi pendengar yang baik adalah : 1. Tatap mata lawan bicara anda saat berbicara, tapi jangan dipelototin ya tar disangka marah-marah sama dia. 2. Anggukan kepala dan condongkan badan anda kelawan bicara anda dan dengarkan dengan penuh perhatiaan. 3. Ajukan Pertanyaan agar terjadi komunikasi 2 arah. 4. Jangan sekali-kali memotong pembicaraan lawan bicara anda.
  2. Jangan Lupakan Nama, Nama adalah kata yang paling indah bagi dirinya, apabila anda melupakan namanya maka anda pun akan dilupakan oleh mereka hal ini sering terjadi terhadap diri saya, bila saya melupakan seseorang namanya tidak ingat maka dia pun tidak akan mengingat nama kita.
  3. Hargai dan berikan perhatiaan kepada orang-orang yang ingin bertemu dengan anda. Jika mereka menunggu anda berikanlah perhatiaan untuk bertemu karena bila anda tidak menemui mereka maka meraka akan sangat kecewa terhadap anda.
  4. Jangan pelit untuk memuji, manusia hidup tidak hanya butuh makan, minum, tidur, rumah, mobil dan harta. namun mereka juga butuh pujian untuk memberi makan kepada jiwanya, karena dengan pujian manusia dapat bertahan dan bersemangat untuk terus hidup dan kalau anda bisa melakukan tehknik ini sudah dipastikan anda juga akan mendapatkan sambutan yang hangat dari meraka semua.
  5. Tersenyumlah, ini adalah cara yang tepat untuk membangun keakraban dan persahabatan.
  6. Pandailah mengucapkan terima kasih, Jadilah orang yang menghargai jasa orang lain siapapun mereka, ucapkanlah terima kasih kepada orang-orang yg melakukan kebaikan dan hal apapun yang menolong anda karena dengan cara ini hasil kerja mereka dihargai, siapapun orangnya apakah bos anda, teman anda atau pun pembantu anda.

Tahap Keempat

Perhatikanlah Penampilan Fisik Anda...??

Penampilan fisik sangatlah penting untuk membangun kewibawaan seseorang, sisihkan lah sedikit uang untuk membeli baju atau pakaian yang pantas dan rapi dikenakan oleh kita, hal ini dilakukan untuk mendapatkan kesan pertama yang mengoda. jangan lah anda merasa berkecil hati apabila wajah anda tidak menarik atau kulit anda hitam, hal ini dapat dihilangkan dengan rajin merawat wajah anda dan kulit anda dengan sabun yang ada, yang penting anda bisa terlihat bersih dan juga rapi, artis-artis yang ada di TV contohnya apabila dan melihat mereka di luar televisi wajah mereka juga tidak cantik-cantik amat. biasa aja hanya karena mereka make up saja makanya terlihat menarik. So yang penting kita harus pintar-pintar merawat tubuh kita, jangan lupa gunakan juga parfum atau roll on agar bau badan kita tidak tercium dengan orang lain hal ini bisa membuat kita berbicara dengan orang lain dalam jangka waktu yang lama, kalau kita bau orang juga akan segera meninggalkan kita, perhatikan lah cara makan anda apalagi kalau kita sedang makan dengan mereka yang berstatus sosial tinggi karena mereka memiliki etika yang ketat di meja makan. Perbaikilah cara duduk, jalan dan juga emosi anda karena hal ini bisa memberikan sumbangsih terhadap citra diri anda dimata orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar